Jumat, 18 Agustus 2023

Posyandu Mulus Rahayu 22 Juara III Tingkat Provinsi Jabar

Jawa Barat, Jelajah News - Posyandu Mulus Rahayu 22 Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung meraih juara III lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jabar 2023 ini. 

Piagam dan penghargaannya langsung diserahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada  Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna pada kesempatan Upacara Peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jabar tahun 2023 di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Sabtu (19/8/2023).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengucapkan selamat kepada para kader TP PKK Posyandu Mulus Rahayu 22 atas prestasi yang diraihnya itu. 

"Alhamdulillah, ini sebuah kebanggaan bagi kita semua. Posyandu Mulus Rahayu 22 raih juara III lomba Posyandu Tingkat Jawa Barat. Ini patut diapresiasi, karena ini hasil kerja keras para kader TP PKK di Posyandu Mulus Rahayu 22 Desa Cileunyi Kulon," kata Bupati Bandung Dadang Supriatna melalui Kepala DPMD Kabupaten Bandung Tata Irawan Sobandi dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Tata mengatakan prestasi yang diraih Posyandu Mulus Rahayu 22 itu, setelah melewati berbagai proses tahapan penilaiannya, di antaranya klarifikasi lapangan lomba posyandu oleh Tim Penilai dari Provinsi Jawa Barat.

"Kita tahu bahwa Posyandu Mulus Rahayu 22 ini adalah yang mewakili Kabupaten Bandung untuk mengikuti lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat. Tentunya menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi kami, bisa  mengikuti lomba posyandu  tersebut," katanya. 

Tata mengatakan, lomba posyandu ini melibatkan masyarakat sekitar, selain jajaran TP PKK tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten. Pemerintahan desa, kecamatan dan Kabupaten Bandung juga turut terlibat langsung sesuai peran dan fungsinya.

"Banyak pihak yang turut memberikan kontribusi pada lomba posyandu itu," katanya. 

Tata melihat bahwa prasarana dan sarana posyandu saat ini sudah bertransformasi menjadi sebuah wadah atau lembaga layanan sosial dasar yang terintegrasi. 

"Di mana aplikatifnya memerlukan dukungan maupun pembinaan dari pemerintah desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten yang terikat dalam Pokjanal Posyandu serta diperlukan pula partisipasi aktif dari masyarakat untuk memanfaatkan posyandu," tuturnya. 

Tata berharap Posyandu Mulus Rahayu 22 ini sebagai posyandu multifungsi kepada masyarakat. Posyandu pun harus terus berinovasi, sehingga diharapkan keberadaannya benar-benar bermanfaat, berdayaguna dan dirasakan langsung masyarakat Desa Cileunyi Kulon Kecamatan Cileunyi.

Tata menyebutkan, posyandu itu tersebar di semua desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bandung. Jumlah penduduk Kabupaten Bandung mencapai 3,7 juta jiwa yang tersebar di 31 kecamatan, 270 desa dan 10 kelurahan, sampai akhir tahun 2022 Kabupaten Bandung telah memiliki 4.348 posyandu.

"Data sampai dengan Juni 2023, mengalami peningkatan dari tahun 2022 berjumlah 4.359 posyandu. Sementara berdasarkan indikator strata posyandu tercatat, Posyandu Pratama 0 buah, Posyandu Madya 280 buah, Posyandu Purnama 1.445 buah dan Posyandu Mandiri 2.625 buah," jelasnya.

Ia menjelaskan, sampai dengan saat ini, tercatat 60,34 persen posyandu yang berstrata mandiri. Sedangkan jumlah posyandu yang telah memiliki bangunan tersendiri baru mencapai 3.046 buah dan sisanya masih menumpang.

"Salah satu upaya yang telah kita lakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut, antara lain melalui program revitalisasi posyandu, lomba posyandu, peningkatan kapasitas kader posyandu, peningkatan pendampingan posyandu juara kecamatan. Kemudian melakukan pembinaan dan dukungan dari perangkat daerah, rapat pokjanal posyandu di tingkat kabupaten, kecamatan dan rapat pokja posyandu desa serta rapat evaluasi semesteran posyandu maupun kegiatan kemitraan dengan dunia usaha serta partisipasi aktif masyarakat," tuturnya.

Tata berharap bahwa dengan adanya lomba posyandu itu menjadi suatu motivasi, evaluasi dan supervisi untuk dapat meningkatkan kinerja sinergitas para anggota Pokjanal menuju terciptanya kinerja Posyandu lebih optimal dalam mewujudkan Posyandu multifungsi. (Sumber : Pemkab Bandung/Asdar)

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls