Jumat, 28 Desember 2018

GEDUNG SERBAGUNA GRAHA CIBODAS, DESA CIBODAS DIRESMIKAN BUPATI BANDUNG H.DADANG M NASER

             
Bupati H.Dadang M Naser saat menanda tangani
 peresmian Gedung Serba Guna Desa Cibodas
 Peresmian Gedung serbaguna  Graha Cibodas Desa Cibodas Kec.Pasirjambu Kabupaten Bandung oleh Bupati Bandung H.Dadang M Naser SH, S.Ip,. M.Ip. Jum’at, 28 Desember 2018 sekaligus menjadi momen penting dengan dibacakanya ikrar penguatan komitmen STOP SBS ( stop Buang air Besar Sembarangan ) oleh kepala  desa Cibodas Wili Nugraha Wirasasmita yang siap berkomitmen menjadi desa SBS.

            Dalam laporan yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bandung Drg.Grace Mediana Purnami M.Kes mengatakan Penguatan Komitmen Kabupaten Bandung Stop Buang air Besar Sembarangan (SBS) yang merupakan rangkaian dari proses pelaksanaan kegiatan Sanitasi Top Style  berbasis Masarakat ( STBM ) dalam berprilaku Higines di masyarakat dan adanya peningkatan akses sarana sanitasi serta pencapai akses Universal  menuju kabupaten Bandung Sehat 2019, dan menetapkan 114 desa/kelurahan sebagai desa /kelurahan SBS, simbolis sertipkat desa SBS.
Bupati Dadang M Naser bersama Kadis Kehatan 
Drg.Grace Mediana Purnami M.Kes

       penguatan komitmen berbagai sektor menuju Kab.Bandung SBS menuju kab. Bandung Sehat 2019,   selanjutnya akan menyusul pembacaan komitmen Bersama Stop Buang air Besar ( SBS ) oleh 18 desa / kelurahan., yang berperan serta dalam STBM terdiri dari Unsur perangkat daerah,Kepolisian,Kodim,Kecamatan,puskesmas,desa serta swasta sebagai pelaklu wirausaha sanitasi. Tahun 2014 pemerintah kab. Bandung menetapkan  Desa Ciporeas Kec.  Cilengkrang merupakan desa SBS pertama diwilayah  kabupaten Bandung, selanjutnya tahun 2017  pemerintah kab. Bandung menetapkan 35 desa sbs, di tahun 2018, 114 ditambah 18 desa untuk desa SBS untuk mencapai total 60% Desa SBS di Kab. Bandung.


Dadang M Naser Saat menanda tangani Baligho SBS
          Menurut Bupati Bandung H. Dadang M Naser dalam sambutannya, Program  Stop Buang air Besar Sembarangan (SBS), bukan cubluk atau  yang  saat itu lazim itu  salah. Program SBS merupakan rangkaian dari proses pelaksanaan kegiatan Sanitasi Top Style  berbasis Masarakat ( STBM ) dalam berprilaku Hygienes di masyarakat dan adanya peningkatan akses sarana sanitasi serta pencapaian akses Universal  menuju kabupaten Bandung Sehat 2019. saya mengapresiasi sekali terhadap kerjasama dan kekompakan unsur pimpinan desa, tokoh masyarakat dan warganya, saya harap keberadaan gedung tersebut dapat bermanfaat untuk beragam aktivitas masyarakat Desa Cibodas .ungkap Dadang Naser
          
Foto bersama Bupati Bandung
 dengan para penerima bantuan program SBS
             Dalam sambutanya Kepala Desa Cbodas Wili Nugraha Wirasasmita menyampaikan apresiasinya Ia sangat bangga dengan diresmikanya Gedung serba guna Graha Cibodas, menurutnya terlaksananya pembangunan Gedung serba guna ini dilaksanakan melalui 2 tahap Anggaran , yang pertama menggunakan anggaran ADBD tahun 2017 kontruksi senilai Rp.330 jt selanjutnya dengan menggunakan dana ADD tahun 2018 senilai Rp.528 jt total anggaran (±)Rp.850 jt dengan luas  685 m2, mudah-mudahan dengan adanya Gedung Serba Guna ini dapat lebih bermanfaat bagi warga desa Cibodas.  Pernyataan ikrar penguatan komitmen  SBS ( stop Buang air Besar Sembarangan ) oleh kepala  desa Cibodas,  Menyatakan siap dan berkomitmen bagi warga masyarakat jadi desa Cibodas menjadi desa SBS yang artinya seluruh warganya 100% diwilayahnya mempunyai jamban yang memenuhi syarat kesehatan pada tahun 2018. kades ,Wlli Nugraha menyatakan sikap di Desa nya siap untuk tidak buang sir besar sembarangan hal ini tidak ada tekanan dari pihak mana pun ungkap nya di depan Bupati Bandung, seluruh warganya siap mendukung program tersebut kilah nya dan masyarakat tepuk tangan pertanda mendukung penuh komitment kepala desa tersebut.

Bupati sedang melihat produk unggulan
Desa Cibodas Kec Pasirjambu
            Hadir dalam acara tersebut SKPD, camat Rancabali, Drs H Tatang, camat Pasirjambu Rahmat, dan para Camat dari wilayah lainya , Kepolisian, Kodim,puskesmas, para kepala desa serta swasta sekabupaten Bandung. jn/asd/krd.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls