Rabu, 23 Agustus 2023

Dinas Kependudukan Kabupaten Bandung Raih Juara Terbaik ke-2 Kategori Kabupaten Penduduk Besar Penilaian Kinerja Disdukcapil se-Jawa Barat Tahun 2023

Kota Bandung, Jelajah News - Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berhasil meraih juara terbaik ke-2 dalam kategori Kabupaten Penduduk Besar, terkait dengan penilaian kinerja Disdukcapil  Kabupaten/Kota se-Jawa Barat tahun 2023. 

Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna diwakili Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung Drs. H. Yudi Abdurahman, M.Si., hadir pada penyerahan pemenang dan evaluasi akhir Penilaian Kinerja Disdukcapil Kabupaten/Kota se-Jawa Barat "ADMINDUK JUARA" Tahun 2023 di Hotel Papandayan Kota Bandung, Rabu  (23/8/2023). 

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Disdukcapil Jawa Barat langsung memberikan penghargaan itu kepada Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung Yudi Abdurahman yang didampingi Sekretaris Disdukcapil Cecep Hendrawan, S.IP.

Usai menerima penghargaan, Yudi Abdurahman mengatakan, bahwa Disdukcapil Provinsi Jawa Barat setiap tahun melaksanakan evaluasi dan kinerja dalam hal administrasi kependudukan (Adminduk) di semua kabupaten/kota se-Jawa Barat tahun 2023.

"Hal itu berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan, berkaitan dengan standar pelayanan, berkaitan dengan ketersediaan prasarana sarana untuk pemenuhan pelayanan," kata Yudi dalam keterangannya. 

Termasuk juga, imbuh Yudi, capaian-capaian tiap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berkaitan dengan perekaman KTP, akta kelahiran, akta kematian, kartu identitas anak dan dokumen administrasi lainnya. 

"Alhamdulillah, Disdukcapil Kabupaten Bandung mendapatkan terbaik kedua se-Jawa Barat dalam kategori kabupaten penduduk besar. Kabupaten Bandung luar biasa jumlah penduduknya, yaitu 3,7 juta jiwa lebih. Itu dinilai oleh Provinsi Jawa Barat dan mengikutsertakan dari Ombudsman Republik Indonesia, akademisi dan tim penilai lainnya," kata Yudi. 

Menurut Yudi, penghargaan yang diraih Diskucapil Kabupaten Bandung itu, erat kaitannya dengan ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) yang merupakan program prioritas Bupati Bandung. 

"Kita punya kelebihan di wilayah digitalisasi pelayanan Adminduk. Pak Bupati Bandung punya komitmen yang kuat kaitan dengan digitalisasi ini untuk mempermudah pelayanan Adminduk kepada masyarakat," katanya.

Yudi mengatakan dengan adanya 120 ADM yang tersebar di 120 desa dan kelurahan di Kabupaten Bandung ini menjadi salah satu bagian yang menjadi penilaian.

Yudi mengungkapkan dengan adanya penilaian kinerja Disdukcapil Kabupaten/Kota se-Jawa Barat tahun 2023 ini, tentunya menjadi bahan bagi para ASN yang ada di Disdukcapil Kab. Bandung untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Ini akan menjadi pemicu dan pemacu motivasi kita untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik, terutama di wilayah dokumen Adminduk," katanya. (Sumber : Pemkab Bandung/Asdar)

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls