Senin, 09 Juli 2012

Kabupaten Bandung Raik Prestasi Terbanyak di Bidang KB

Bupati Bandung H.Dadang Mohamad Naser, SH, S.Ip sedang menyerahkan berbagai penghargaan kepada para juara dalam perlombaan bidang Keluarga Berencana Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2012 di halaman PT. Mitra Rajawali Banjaran Kecamatan Arjasari, Senin (9/7).






 Selama tahun 2012, Kabupaten Bandung berhasil meraih prestasi terbanyak dalam berbagai kejuaraan bidang Keluarga Berencana. Hal tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan Kabupaten Bandung dalam pengendalian kependudukan.
 
"Jumlah penduduk perlu dikendalikan, karena kalau tidak ada pengendalian jumlah penduduk ini bisa melampaui daya dukung lingkungan yang bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup manusia dan generasi yang akan datang..", ucap Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip, pada Peringatan Hari Keluarga XIX dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kesehatan dan Posyandu di halaman PT. Mitra Rajawali Banjaran Kecamatan Arjasari, Senin (9/7).
 
Pemkab Bandung memandang pengaturan kelahiran dengan pola Keluarga Berencana, memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mencetak generasi penerus yang produktif. Oleh karena itu, pemerintah daerah yang memiliki jumlah penduduk sekitar 3,2 juta jiwa tersebut, pada tahun 2012 tak segan-segan untuk menggelontorkan dana senilai Rp. 2.062.165.836,- atau Rp. 2 milyar lebih untuk keperluan pengelolaan Keluarga Berencana.
 
Bupati Bandung secara rinci menyebutkan, dana sebesar itu masing-masing digunakan untuk pelayanan KB, penyediaan alat kontrasepsi bagi keluarga miskin, pembinaan kelompok bina keluarga balita, remaja, lansia, UPPKS dan PKLK serta untuk penguatan kelembagaan pengarustamaan gender.
 
Kepala BKBPP (Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan) Kabupaten Bandung Drg. Grace Mediana, M.kes menyebutkan, prestasi yang diraih Kabupaten Bandung dalam bidang KB tahun 2012 meliputi, juara III Pos KB terbaik tingkat nasional yang diraih Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi, Juara I Pos KB terbaik Desa Cimekar Kec. Cileunyi tingkat Jawa Barat, Juara I Kelompok BKB Bougenvile Desa Bojongmanggu Kecamatan Pameungpeuk tingkat Jawa Barat, juara I kelompok BKR Mawar Desa Buahbatu Kecamatan Bojongsoang tingkat Jabar, juara III akseptor lestari Desa Bojong Kecamatan Majalaya tingkat Jabar dan juara II KB perusahaan tingkat Jabar yang diraih PT. Indonesia Power.
 
Khusus dalam kegiatan peringatan Hari Keluarga XIX, BKBPP Kab. Bandung menurut Grace Mediana telah melakukan berbagai kegiatan berupa pelayanan KB terpusat, Sosialisasi BKB, Sosialisasi BKR, UPPKS, PIKER, Sosialisasi Layak Anak disamping berbagai lomba penilaian Pos KB terbaik, BKB Kemas terbaik serta penilaian kelompok Paguyuban MOP (Methode Operasi Pria) terbaik dan PLKB teladan tingkat Kabupaten Bandung.
 
Pada kesempatan tersebut, Bupati H. Dadang M. Naser, SH, S.Ip melakukan peninjauan pelayanan KB MOP, IUD dan Implant sebanyak 200 orang, donor darah 200 orang dan bazaar kelompok UPPKS. hms/jn

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls