Rabu, 30 Mei 2012

KERJASAMA BKKBN DENGAN TNI, TINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT Badan KBPP Kabupaten Bandung “ MOP CAPAI HASIL YANG PRIMADONA “

Letkol Inv Novi Helmy Prasetia Pada Pembukaan TMMK Kodim 0609 Cimahi
        Dalam kesempatan tersebut hadir tiga kepela daerah, SKPD dan tamu undangan yang dilaksanakan beberapa pelayanan KB seperti Implan sebanyak 30, pemasangan IUD sebanyak 30 dan MOP ( Medis Operasi Pria ) atau Vasektomi sebanyak 72 akseptor.

TMKK beberapa waktu lalu yang dicanangkan langsung oleh Dandim 0609 Cimahi Letkol Inf. Novi Helmy Prasetia, bekerjasama dengan tiga pemerintah daerah, diantaranya Pemerintah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Pemerintah Kota Cimahi yang dilaksanakan di Kodim 0609 Cimahi (30/5 ) lalu.
           Kepala Badan KBPP Kabupaten Bandung Drg. Grace M. Purnami, mengatakan “ Untuk pelayanan MOP khusus ditangani oleh Kabupaten Bandung dan pada tahun 2011 pun telah meraih akseptor terbanyak di tingkat Jawa Barat dan untuk hal tersebut Bupati Bandung memperoleh penghargaan…” ungkapnya.
Lebih lanjut Drg. Grace, menambahkan selain pelayanan KB, dilaksnakan pula gelar dagang produk UPTKKS dari tiga wilayah pemerintahan, sesuai dengan visi misi Kabupaten Bandung yangn berdaya saing, untuk Kabpaten Bandung sudah mencapai target baik dalam pelaksanaan pelayanan KB yang diantaranya MOP terbanyak dalam pelaksanaan gelar dagang juga disbanding dengan daerah lainnya, tambahnya.
Sementara itu, Kasub Bid. Advokasi Badan KBPP Kabupaten Bandung, A. M. Ridwan, mengungkapkan kegiatan ini merupakan salahaa satu agenda rutin tahunan dimana pelaksanaan bulan bakti TMKK ini dicanangkan mulai dari bulan Mei sampai Oktober selama enam bulan.
“ Kegiatan ini sebagai penjabaran langsung dari tingkat Kodim di Cilegon Banten beberapa waktu lalu, dan untuk di Kabupaten Bandung pelaksanaannya dilapangan dibantu oleh babinsa di tingkat kecamatan atau koramil bekerjasama dengan petugas KB, posyandu dan lainnya sehingga diharapkan akseptor baru dan dan aktif bisa bertambah meningkat dan laju pertumbuhan bisa ditekan…” harapnya.
Lanjut, Asep M. Ridwan, mengatakan untuk di Kabupaten Bandung sendiri beberapa tahun ini untuk pencapaian sudah melampaui target dalam beberapa tahun terakhir ini disbanding beberapa daerah lainnya, salah satunya MOP tersebut.
“ Tentunya keberhasilan ini, merupakan hasil kerjasama yang baik antara semua pihak sesuai dengan moto sabilulungan, antara petugas KB, intitusi lainnya, dan ibu-ibu kader dan MOP ini merupakan pencapaian yang primadona melampaui target dengan pencapaian yang memuaskan…” tambah Asep M. Ridwan.
Untuk Badan KBPP sendiri bukan hanya di lingkung untuk pelayanan KB saja, namun ada juga diantaranya pelayanan Ketahanan keluarga, bina keluarga remaja, bina keluarga balita dan lansia, jadi secara menyeluruh dalam sebuah keluarga. Seperti halnya untuk pemberdayaan ekonomi dengan membentuk kelompok – kelompok UPPKS untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan melakukan pembinaan-pembinaan pada kelompok tersebut agar lebih termotivasi, dengan harapan membantu keluarga pra KS dengan memanfaatkan potensi-potensi daerahnya masing-masing kelompok tersbut, seperti halnya dengan mengelola home industry yang dapat mensejahterakan keluarganya dengan kegiatanbyang positif tersebut, seperti dari daerah Rancabali memanfaatkan petani strawberry, tambah Asep M. Ridwan.
“ Dalam menjalankan program MOP ini, kami pun melakukan beberapa pendekatan secra langsung yang bersentuhan dengan masyarakat, seeperti halnya sosiallisasi ekseptor baru pada beberapa komunitas ojeg, dengan bekerjasama dengan ketua ojeg tersebtu eperti halnya di Banjaran beberapa waktu lalu…” tambahnya. ( Darmawan / Dhie )

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls