Senin, 27 Maret 2023

Bupati Bandung Dadang Supriatna Laksanakan Rembug Bedas di Desa Sadu Soreang

Soreang, Jelajah News-Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna kembali melaksanakan Rembug Bedas di Kantor Desa Sadu Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, Senin (27/3/23) sore.

Rembug Bedas ini merupakan langkah Bupati Bandung dalam rangka  merekatkan silaturahmi, membangun partisipasi, mendengar aspirasi dan memberi solusi guna meningkatkan pembangunan  ekonomi di Kabupaten Bandung.

Pada pelaksanaan Rembug Bedas kali ini dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna, jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Bandung,  Forkopimcam Soreang, para perangkat desa serta berbagai unsur di desa Sadu. 

Dalam pelaksanaan rembug bedas ini, Bupati Dadang Supriatna merespon apa yang menjadi aspirasi warga dengan adanya kawasan rawan longsor di Desa Sadu. 

"Saya instruksikan Pak Kalak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bandung, untuk meninjau lokasi lahan yang rawan longsor. Jangan menunggu kejadian longsor, lebih baik langsung dipantau dari sekarang," kata Dadang.

Selain merespon aspirasi terkait kawasan rawan longsor, Bupati Bandung juga turut merespon jalan rusak yang ada di Desa Sadu. Dirinya langsung menginstruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bandung untuk melakukan pengecekan dan menganggarkan perbaikan jalan rusak tersebut. 

Terkait dengan  aspirasi warga yang mengharapkan ada penambahan pembangunan SMPN di Desa Sadu, Bupati Dadang Supriatna mengatakan bahwa  Pemkab Bandung sudah memprogramkan penambahan sekolah baru SMPN di Desa Cingcin dan Desa Soreang.Kecamatan Soreang. 

"Tapi kalau di Desa Sadu ingin ada penambahan sekolah baru SMPN, ya kita pikirkan bersama-sama dan ayo kita musyawarah. Kalau mau datang ke Rumdin, silahkan kita bahas di Rumdin," katanya. 

Bupati Dadang pun turut mengungkapkan bahwa Jalan Raya Soreang-Ciwidey sampai Rancabali Kabupaten Bandung merupakan jalan nasional. "Tahun ini ada rencana pelebaran jalan dari Soreang sampai Rancabali," katanya.

Terkait  adanya aspirasi  warga yang mengharapkan ada pembangunan trotoar di Jalan Raya Soreang-Ciwidey, Bupati Bandung menangggapi bahwa dalam proses pembangunannya bisa  diusulkan melalui Dinas Pekerjaan Umum. 

"Sesuai dengan harapan warga, pembangunan trotoar itu di antaranya untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas. Kemudian warga yang mengharapkan adanya jembatan penyebrangan di sekitar Sadu, juga menjadi catatan bagi kami bagaimana jembatan penyebrangan itu dibangun untuk meminimalisir kecelakaan lalulintas," tuturnya.

Pada pelaksanaan Rembug Bedas itu, Bupati Bandung memerintahkan kepada para Ketua RW untuk mendata warga yang membutuhkan bantuan pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan. 

"Kita akan langsung bantu dan dikomunikasikan dengan pihak bank, baik dengan BPR maupun dengan bank bjb," katanya. 

Pada pelaksanaan Rembug Bedas itu, didapatkan warga RW 04 Kampung Sadu Kaler Desa Sadu Kecamatan Soreang yang  mengusulkan kepada Bupati Bandung untuk perbaikan jalan karena kondisinya rusak. Selain itu, warga juga berharap ada penataan  trotoar di Jalan Soreang-Ciwidey. Harapan warga lainnya adanya jembatan penyeberangan orang di Jalan Soreang-Ciwidey guna meminimalisir kejadian laka lantas di kawasan Desa Sadu tersebut.( Sumber:Pemkab Bandung/Asdar)

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls