Selasa, 21 Februari 2023

Menteri PDT dan Transmigrasi RI dan Bupati Bandung Resmikan Ekspor Perdana Hasil Tani Binaan BUMDES Pulosari Pangalengan


Pangalengan, Jelajah News-Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi RI Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd., dan Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna melaksanakan peresmian dan ekspor perdana kentang dan buncis kenya hasil pertanian para petani binaan Bumdes Pulosari Handal Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Selasa (21/2/23).

Dalam sambutannya, Bupati Bandung H.M  Dadang Supriatna mengatakan desa menjadi ujung tombak pembangunan bangsa. Karena itu, pemerintah terus berupaya mendorong ekonomi desa dengan menyalurkan dana desa dan program pengembangan Bumdes Pulosari Handal.

"Tujuan Bumdes seperti dalam  Permendesa PDT dan Transmigrasi No 4/2015 adalah meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa," kata Bupati Dadang Supriatna.

Bupati Bandung juga mengungkapkan bahwa ekspor dan investasi kunci penting untuk pertumbuhan dan serta kemajuan ekonomi mengingat dengan tumbuhnya ekonomi maka  ketimpangan, kesenjangan dan kemiskinan dapat ditekan. 

"Saya sangat menghargai dan sangat mengapresiasi  kemajuan para petani binaan Bumdes Pulosari Handal, yang hari ini  untuk pertama kalinya melaksanakan ekspor kentang dan buncis kenya dari Pangalengan ke Singapura," imbuhnya. 

Dadang Supriatna mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung akan terus mendorong produktifitas dan kapasitas produksi para petani khususnya yang berorientasi ekspor.

"Kita semua  berharap ekspor ini akan terus berjalan dan secara kuantitas pengiriman semakin meningkat, yang pada gilirannya pembangunan Bumdes tidak hanya memberikan manfaat finansial (pajak, pendapatan asli desa). Tetapi juga manfaat ekonomi secara luas termasuk kepada petani dan masyarakat," tutur Buoati Dadang Supriatna.

Bupati Bandung berharap ekspor perdana kentang dan buncis kenya hasil petani binaan Bumdes Pulosari Handal ini, dapat meningkatkan semangat bagi masyarakat petani serta memacu Bumdes lainnya untuk mengembangkan lagi usahanya, mendayagunakan segala potensi ekonomi dan potensi sumber daya alam yang ada. 

Sementara itu, Menteri Desa PDT  dan Transmigrasi RI A. Halim Iskandar mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong pelaksanaan ekspor hasil pertanian yang. 

Menurutnya, dengan adanya peluang eskpor serta pasar lokal yang bagus  maka semua produk-produk  pertanian hasil binaan Bumdes atau hasil kelompok tani bisa terpasarkan. 

Halim Iskandar turut mengapresiasi kepada Bupati Bandung yang memberikan perhatian khusus kepada kelompok tani maupun masyarakat yang ada di desa-desa.

Ia mengatakan Bumdes penyangga ekonomi masyarakat di desa, dengan memiliki legalitas kuat adalah Bumdes dan dirinya  bersyukur dengan adanya pemberangkatan ekspor perdana kentang dan buncis kenya ke Singapura tersebut karena menurutnua mengekspor itu jauh lebih besar manfaatnya bagi masyarakat. 

"Kita kedepan akan fokus ekspor produk-produk yang dikelola atau dihasilkan oleh Bumdes," katanya. (Sumber :Pemkab Bandung/Asdar)

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls