Jumat, 13 Januari 2023

KEMBANGKAN SANITASI DI KABUPATEN BANDUNG, BUPATI AJAK KADES DAN LURAH TINJAU KALI GAJAHWONG YOGJAKARTA


Yagyakarta, Jelajah News - Sebagai bagian dari upaya pengembangan sanitasi di Kabupaten Bandung, Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna Bersama jajaran perangkat daerah terkait serta 270 kepala desa dan 10 lurah di Kabupaten Bandung melakukan studi tiru ke Kali Gajahwong Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulhardjo Yogyakarta (Kamis, 12/01/23).

“Ada yang bisa kita adop dari kawasan Kali Gajah Wong ini. Yakni kesadaran masyarakatnya sangat tinggi dalam mengelola lingkungan. Semula kali, kemudian dikelola masyarakat menjadi obyek wisata selokan yang penuh ikan. Ini menjadi PR kita bersama untuk berkomitmen mengembangkan sanitasi yang berpotensi juga menjadi kawasan wisata,” ungkap Bupati Dadang Supriatna saat kunjungan tersebut.

Dalam kegiatan studi tiru ini, Bupati Bandung diterima langsung oleh Walikota Kota Yogyakarta Sumadi.  Bupati Dadang Supriatna memilih kota Yogyakarta sebagai area studi tiru guna mendapatkan  informasi regulasi berupa peraturan daerah dan peraturan walikota terkait masterplan Pengelolaan Sampah di Kota Yogyakarta. Bupati Dadang Supriatna pun cukup antusias akan mengadopsi regulasi itu untuk diterapkan di Kabupaten Bandung. 

Dalam kunjungannya, Bupati memohon ijin kepada  Walikota Sumadi akan membawa Forum Camat, 270 kepala desa dan 10 lurah untuk melakukan studi tiru ke Kali Gajah Wong di Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo.

Studi tiru itu dilakukan sebagai bentuk upaya Pemkab Bandung untuk menerapkan pengelolaan dan pengembangan Sistem Air Limbah Domestik dan Drainase di Kabupaten Bandung.

"Selain studi tiru, mereka juga harus ikut mempelajari perda perwal tentang pengelolaan sampah itu", ungkapnya.

Dalam pertemuannya ini, Bupati Bandung sempat menginformasikan kepada Walikota Sumadi,  bahwasanya Kabupaten Bandung akan menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) di tahun 2023 ini.

"Semoga pa walkot beserta jajaran disini berkenan hadir pada waktunya nanti. Regulasi-regulasi yang ada saat ini di Kota Yogya, menjadi bahan kami juga untuk menghadapi even CSS, yang berskala nasional ini", pungkasnya pula.

Diketahui, Desa Wisata kali Gajah Wong merupakan hasil penataan Kawasan kumuh pada tahun 2022 oleh Kementrian PUPR. Kegiatan peningkatan kualitas permukiman kumuh yang berada di tepian sungai tersebut saat ini menjadi destinasi wisata baru kebanggaan masyarakat Kota Yogyakarta dengan konsep wisata air.

Pemanfaatan selanjutnya menjadi peran pemerintah Kota Yogyakarta dengan memberdayakan masyarakat di kawasan tersebut dalam mengembangkan potensi Kawasan. (Sumber:Pemkab Bandung/Asdar)



0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls