Minggu, 06 Desember 2015

Kementrian Pariwisata RI bersama Komisi X DPR RI Lirik Sungai Cisangkuy –Tjawene Jadi Wisata Jelajah Arung Jeram

     Pengembangan tujuan Obyek wisata daerah yang ada di Indonesia Sangat kaya dengan potensi Alam yang beraneka ragam, tepatnya Obyek wisata alam Arung Jeram yang ada didalamnya. merupakan Salah satu program pemerintah dalam  peningkatan ekonomi kerakyatan di daerah dan tentunya harus menjadi perhatian pemerintah untuk menggali dan mengembangkan sector wisata alam ini.

Anggota komisi X DPR RI H Dadang Rusdiana SE. M.Si, 
 Tinjau wisata Arung Jeram Lembah Cwene


           Anggota komisi X DPR RI  Bidang Pendidikan,Kebudayaan,Pariwisata dan Olah Raga. H Dadang Rusdiana SE. M.Si,  Potensi alam yang Luar Biasa yang dimiliki Kabupaten Bandung, seperti tanah, air hutan dan segala kekayaan alam yang ada di dalamnya dapat di kembangkan agar lebih terolah dengan baik . Potensi alam yang perlu dikembangkan misalnya: di darat berupa gunung, pegunungan, ataupun daratan sedangkan di air dapat berupa sungai, danau dan  rawa. Hal ini menunjukkan betapa besar potensi alam Indonesia khususnya di kabupaten bandung sebagai salah satunya sumber daya air. 

Sungai sebagai salah satu potensi alam yang banyak tersebar di berbagai wilayah di indonesia memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan sebagai obyek wisata alam. Karakter sungai yang alami dan dinamis menyimpan satu daya tarik tersendiri. Kedekatannya dengan alam bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan fasilitas rekreasi, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan elemen air., Kabupaten Bandung ini memiliki banyak tempat wisata yang perlu dikembangkan Salah satunya Wisata alam arung Jeram ( Rafting ) Sungai Cisangkuy – Tjawene Desa Cikalong Kecamatan Cimaung Kab. Bandung ini. Harus menjadi aset tujuan wisata Alam nasional dan  Menututnya. Pemerintah Pusat dengan Pemda  Kab. Bandung dan masyarakat harus bahu membahu agar dapat mengembangkan potensi wisata agar membuat alam terpelihara dengan baik dan tidak kalah dengan beberapa Negara di kawasan Asean ( Thailand, Malaysia dan Sinagpur ) dan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah yaitu perbaikan Infra struktur, Sarana dan prasarana penunjang agar daerah tersebut dapat mempunyai nilai jual yang baik sehingga bisa go Internasional dan pemerintah pusat siap untuk melakukan promosi  untuk pengembangannya di berbagai even wisata Internasional.

Kementrian Pariwisata RI Bidang. 
Pengembangan Destinasi dan Pariwisata Dadang Rizki Ratman SH, MPA
Saat Meninjau Lembah Cawene Bersama Komisi X DPR RI  

Kementrian Pariwisata RI,  melalui Deputi Bidang. Pengembangan Destinasi dan Pariwisata Dadang Rizki Ratman SH, MPA mengungkapkan  :

Ada 6 konsep destinasi komponen

  1. perwilayahan , apakah kawasan  ini  kawasan pengembangan wisata daerah  dan merupakan asset siapa yang berwenang mengembangkan apakah swasta atau pemerintah
  2. daya tarik,           
§  a.dayatarik berbasis alam
§  b. budaya
§  c. buatan
  1. akses ; yaitu Infrastruktur dan informasi yang merupakan bagian Promosi
  2. 4. aminitas : Fasilitas prasarana umum dan pasilitas pariwisata akomodasi dan tranportasi serta  
  3. dukungan masyarakat sekitar.
  4.  Infestasi

                Perintisan,  Pengembangan,  Pemantapan dan Repitalisasi adalah menjadi salah satu penunjang berkembangnya sarana wisata dan di harapkan dapat dijadikan daya tarik tersendiri untuk mengundang para wisatawan  berkunjung ke tempat wisata tersebut sehingga area wisata tersebut dapat menjadikan sarana penunjang kesejahtraan ekonomi msyarakat sekitarnya.

Bagi pemerintah Daerah diharapkan dapat lebih menggali potensi wisata di daerahnya karena usaha pariwisata berbeda dengan sector lain yang dapat habis potensinya,  misalnya sector pertambangan. Dan  bagi para pelaku usaha pariwisata diharapkan dapat lebih mengembangan usaha sector wisatanya sehingga dapat menjadi peluang kerja bagi SDM dan peningkatan kesejahtraan bagi masyarakat sekitar area wisata diwilayah tersebut.
               
Masih menurut Dadang Rizki Ratman. SH, MPA  Ada 4 Pilar penunjang sector pariwisata diantaranya  :

1.       Destinasi,
2.       Pemasaranya ,
3.       Industri (para pelaku ),
4.       dan SDM 

khusus buat pengembangan SDM di harapkan menjadi  perhatian khusus bagi pemerintah daerah karena menurut Dadang Rizki dan Kab. Bandung ini masih Sangat Banyak Pekerjaan Rumah ( PR ) dalam pengembanganya dan diharapkan sector wisata ini dilirik oleh pemda agar produk sector wisata ini dapat dijadikan sarana penunjang peningkatan perekonomian kerakyatan dan pemerintah pusat siap mensuport untuk mengembangkan sector ini dan berharap peran media sangat berperan dalam memberitakan sector wilayah pariwisata ini. Hd/asdar/krd   





0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls