Rabu, 30 Mei 2012

Girimekar Wakili Kabupaten Bandung Pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat




Girimekar Wakili Kabupaten Bandung Pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat
            Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, kembali mengukir prestasi. Beberapa waktu lalu, sebelumnya Desa Melatiwangi mampu meraih Juara I pada Pelaksanaan 10 Pokok Program PKK Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2011. Kali ini Desa Girimekar berhasil mewakili Kabupaten Bandung dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2012.

"Mudah-mudahan Girimekar bisa menjadi juara sehingga bisa memacu desa lainnya untuk ikut berdaya saing dalam program pembangunan di  Tingkat Jawa Barat..", demikian ucap Bupati Bandung H.Dadang Mohamad Naser SH, S.Ip saat menerima Ketua Tim Penilai Lomba Desa Provinsi Jabar Drs.H.Dedeng Yusuf Maulani, SH, M.Si  beserta rombongannya, di Halaman Kantor Desa Girimekar Kecamatan Cilengkrang, Rabu (30/5).

           Tampak hadir dalam penerimaan tersebut  Ketua TP PKK Kab. Bandung Hj.Kurnia Agustina Dadang M Naser, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kab.Bandung, Drs.Dadan Rochandi, M.Si, sejumlah unsur pimpinan SKPD Kab.Bandung, Camat Cilengkrang Wawan A.Ridwan, Kepala Desa Girimekar Aji Sodikin A.Md, serta Anggota kepengurusan  TP PKK Tingkat Kab.Bandung dan Kecamatan.




             Bupati Dadang M.Naser memberikan apresiasi yang positif terhadap kreativitas dan partisipasi desa Girimekar dan warganya sehingga bisa tampil di tingkat Jabar. Namun Dadang tetap mengingatkan, ajang lomba tersebut tidak terpaku pada kegiatan ceremonial semata, tetapi lebih kepada upaya memotivasi desa lainnya di wilayah Kabupaten Bandung agar bisa memberikan perhatian yang besar dan sungguh-sungguh terhadap perkembangan pedesaan. " Kami selaku pemerintah berkewajiban untuk mendorong dan memotivasi daerah, karena bagaimanapun juga keberhasilan pembangunan di suatu pemerintahan ditentukan oleh kemajuan desanya..", tegas Dadang Naser.

                 Sementara Dedeng Yusuf Maulani mengatakan perlombaan desa sifatnya berjenjang, mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten. Ditegaskan pula olehnya bahwa penilaian lomba desa sebenarnya ada pada Pemerintah Daerahnya sendiri, " Kami hanya mengklarifikasi serta mengevaluasi nilai yang diberikan Kabupaten terhadap lomba desa tersebut..", tutur Dedeng.

              Ditambahkan Dedeng bahwa penyelenggaraan lomba desa mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.13 Tahun 2007 Tentang Perlombaan Desa dam Kelurahan. Dedeng menjelaskan prasyarat utama dalam mengikuti lomba desa  adalah  mengedepankan profil desa yang aplikatif serta terdapat unggulan-unggulan desa yang memiliki efek baik secara ekonomi, sosial atau kemasyarakatan lainnya.  

                 Pada dasarnya unggulan-unggulan desa diharapkan dapat berdampak sosial bagi kesejahteraan masyarakatnya, "Dan kami menemukan keunggulan yang luar biasa tersebut ada di Girimekar, salah satunya yaitu pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat..", ujar Dedeng pula.

                 Sedangkan Kepala Desa Girimekar, Aji Sodikin, A.Md mengakui keberhasilan Girimekar tidak terlepas dari dukungan Camat, masyarakat dan pembinaan SKPD-SKPD terkait di Kabupaten Bandung. "Kerjasama yang selama ini kami lakukan semata-mata untuk membantu mensukseskan program-program pembangunan di  Kabupaten Bandung..", kata Aji.

               Salah satu upaya yang dilakukan dalam mendukung program pemerintah, pada 2012 ini Aji Sodikin mengatakan selain adanya bantuan pemerintah, pihaknya telah melakukan rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi salah satu warga tidak mampu dengan swadaya masyarakat sendiri. Dana tersebut, menurutnya didapatkan dari rereongan antara masyarakat, unsur perangkat desa dan camat. " Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik sehingga kami bisa menolong warga tidak mampu untuk memiliki rumah yang lebih layak secara sabilulungan..", ujarnya pula.

                     Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Dadang Naser kepada Tn.Asep salah satu warga Kp.Cigirincing RW 16 Desa Girimekar  yang mendapatkan program Rutilahu atas swadaya masyarakat sendiri. Saat bersamaan ditampilkan pula hasil pengolahan sampah berupa 1 buah karpet yang terbuat dari 10.000 cangkang/bungkus kopi, "Ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan sesuatu yang mubah menjadi berkah hasil para kader PKK Desa Girimekar..", tutur Ketua TP PKK Desa Girimekar Ida Aji Sodikin .  Humas/jelajah




0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls