Rabu, 13 Juli 2011

Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1432 H. KPPC CIPTA PRATAMA LAKSANAKAN BAKTI SOSIAL


Kab. Bandung, Pasirjambu – Jelajah News.
Sebagai ungkapan rasa syukur atas keberadaan perusahaan KPPC Cipta Pratama ( Kelompok Sapi Perah Pasirjambu Ciwidey ) yang beralamatkan di Kp. Papakmanggu Desa Cibodas Kec. Pasirjambu Kab. Bandung, terhadap daerah setempat dalam menyambut dan memperingati hari besar Islam yakni memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1432 H., KPPC Cipta Pratama kembali menggelar acara bakti sosial (23/6) sesuai dengan tema “ Melalui Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Kita Tingkatkan Keimanan dan Kepedulian Terhadap Sesama “
Nampak antusias warga dengan hadirnya ratusan pengunjung, diantaranya Kades Cibodas Deden, warga setempat, sejumlah tamu undangan, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Adapun acara bakti sosial yang dilaksanakan di sekretariat KPPC Cipta Pratama tersebut, diantaranya sunatan massal, pengobatan gratis, pembagian santunan kepada sejumlah anak yatim dan lansia kurang mampu. Pada hari yang sama dilaksanakan juga Tabligh Akbar dalam memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW., dengan mubaligh Ust. Basir, selain itu diadakan lomba tumpeng antar kelompok dan pemberian penghargaan kepada sejumlah peternak atas prestasinya dalam pengelolaan susu terbaik.
Panitia Pelaksana KPPC Cipta Pratama, Uus Permana dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, “ Sebagai salah satu ungkapan rasa syukur atas keberadaan perusahaan dan kepedulian terhadap warga setempat dengan berbagi sedikit rezeki dalam menyambut dan memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW., mudah-mudahan perusahaan ini kedepannya lebih berkembang dan barokah “ ungkapnya seraya menambahkan mudah-mudahan bisa lebih meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi dan warga setempat, tambahnya.
Masih dalam kesempatan yang sama, salah satu Panitia Pelaksana, Ust. Aka, menjelaskan kepada Jelajah, sehari sebelumnya sekitar 100 kupon untuk pengobatan gratis dan 100 kupon pemberian santunan telah diberikan kepada warga yang berhak menerimanya, yang disebar di sejumlah RW di Desa Cibodas, termasuk belasan peserta khitanan massal “ katanya.
Pimpinan KPPC Cipta Pratama, Ronald H. Sinaga, dalam kesempatan yang sama menjelaskan “ Dengan adanya peringatan ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan gotong royong baik antar peternak sapi perah maupun dengan KPPC sendiri, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan “.
Lebih lanjut Ronald, menjelaskan selama ini melihat masih banyak diantara peternak sapi yang kurang rasa kebersamaannya, masih ada sejumlah peternak sapi yang kelompoknya sedikit enggan untuk bergabung dengan kelompok lainnya yang berjumlah banyak, selain itu juga masih adanya sejumlah peternak sapi yang nakal dengan sengaja menambahkan kadar air dalam susu sapi perahnya.
Adapun harapan kedepannya Ronald mengungkapkan para peternak sapi perah dapat meningkatkan kesadarannya dengan bersama-sama untuk saling memperbaiki kualitas susu sapi perahnya, dengan memberikan pakan dengan nutrisi yang baik yang telah disediakan juga di KPPC Cipta Pratama Pasirjambu ini, dan menjaga kualitas susu dengan turut juga menjaga kebersihan lingkungan termasuk kandang atau tempat ketika memerah susu sapi, karena kondisi tempat memerah sapi akan sangat berpengaruh juga terhadap kualitas susu sapinya.
“ Diharapkan juga dalam turut menjaga lingkungan jangan membuang limbah sapi ke sungai namun dapat bekerjasama dengan KUEP dengan mengolah limbah sapi menjadi pupuk, namun merasa kesulitan juga karena tidak semua peternak sapi perah yang berada di Kec. Pasirjambu bergabung ke KPPC Cipta Pratama ini, sedangkan untuk para peternak yang nakal kami menerapkan budaya malu kalau tidak jujur pada peternak sapi perah  dan sanksi sosial ketika ada yang mencampur hasil susu sapi perahnya akan dikucilkan oleh kelompoknya, namun untuk peternak sapi perah yang berprestasi dan menjaga kualitas susunya kami memberikan penghargaan yang tentunya tak terlepas dari bantuan masing – masing ketua kelompok dalam memperhatikan kualitas susunya sebelum disetor ke KPPC Cipta Pratama ini “ tambah Ronald.
Dalam meningkatkan rasa kepedulian dan untuk meningkatkan kenyamanan para peternak sapi perah kedepannya KPPC Cipta Pratama Pasirjambu – Ciwidey ini akan menambah fasilitas kesehatan khusus disediakan pula dokternya, juga untuk menjaga kesehatan sapi perahnya akan disediakan petugas kesehatan hewan yang senantiasa mengontrol kesehatan sapi perah para peternak sehingga kualitas susu sapi perahnya tetap terjaga, dan untuk menambah bidang usaha lainnya dengan memperoduksi hasil olahan susu sapi, diantaranya yang sedang dirintis susu youghart dengan berbagai macam rasa.
Masih pada hari yang sama dengan turut memelihara dan melestarikan budaya asli daerah Sunda, menampilkan kesenian daerah diantaranya, Group Seni Sunda “ Mayang Sari Group “ menampilkan Calung, Buncis dan atraksi seni Pencak Silat dan Debus dari padepokan Gajah Putih yang ada di Kecamatan Pasirjambu, selain itu juga ada diantaranya yang membuat terharu dengan ditampilkannya penyanyi asli Desa Cibodas Tuna Netra Nanang Dores, Aat dan rekannya yang turut mengisi panggung hiburan saat itu, betapa Maha Besar-Nya Allah SWT., menciptakan makhluknya meskipun disisi lain ada kekurangan namun disisi lain memberikan kelebihan suaranya.
 (Asep Darmawan/Hadi Waskita)

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls