Sabtu, 11 Desember 2010

BANDUNG SELATAN GO GREEN BASE

Pasir jambu. jelajah news.


Lembah Nangsi, desa Cibodas Kec. PasirJambu Kab. Bandung  Jawa Barat, dipadati ratusan pemerhati lingkungan  dari utusan pelajar,masyarakat ,TNI,Polri dan berbagai utusan instansi pemerintah turut serta mensukseskan program Hari Pohon Indonesia dan Bulan Tanam Nasiona. Dengan menanam sekitar 30.000 pohon keras sebagai symbol pohon perdamaian pada area seluas 34 hektare tanah Lembah Nangsi.dan mnenurutnya sampai saat ini telah tertanam sekitar 85.000 pohon diwilayah kec. Pasir Jambu.
Menurut Memet Ahmad Surahman sapaan akrab Eyang Memet. Sebagai pemerakarsa kegiatan yang dikenal dengan Go Green Base Penghijauan Untuk Bandung Selatan, Mengatakan, sebagai upaya perawatan paska penanaman pohon tersebut  Ia menggandeng sejumlah sekolah yang berdekatan dengan lokasi Lembah Nangsi ,mulai dari pelajar SD,SMP,SMA dan masyarakat diharapkan dapat sama-sama berpartisipasi didalamnya. Adapaun bibit pohon tersebut didapatkan dari Sumbangan Koprasi Aneka Usaha Tatar Sunda ( KAUTSAR) yang dirintisnya.
Hadir pada acara tersebut diantaranya, Danrem 062/ Tarumanagara Kol.Inf. Arsobudi,Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda.,Plh Bupati bandung.Ir.Sopyan Nataprawira.
Kol.Inf.Arsobudi pada kesempatan tersebut mengintruksikan kepada jajaran TNI khususnya para Koramil Babinsa diharapkan dapat menghimpun data dan bekerja sama merawat  pohon tersebut dalam kurun waktu 3 bulan pasca  penanaman , karena menurutnya biaya pemeliaharaan yang cukup mahal Ia sangat memperhatikan hasil dari kegiatan tersebut dan Ia Juga Mengharapkan seluruh Instansi yang hadir pada acara tersebut dapat menjalin kerja sama antarinstansi  dalam upaya memperhatikan lingkungan  dan mengoptimalkan  suksesnya penghijauan tersebut.
Hal senada diungkapkan oleh wakil.walikota Bandung Ayi Vivananda , Ia Juga berharap kesepakatan sudah berjalan dengan baik dan ada beberapa daerah yang masih harus dihijaukan bersama sama. Tandasnya. Ia sangat merespon positif akan  kegiatan Go Green Base Bandung Selatan ini, karena menurutnya Kab. Bandung merupakan induk dari Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kab. Bandung barat.diantaranya sungai sungai yangmengairi kota bandung ,Cimahi dan KBB banyak yang berhulu di Kab. Bandung menurutnya  hal tersebut  merupakan corellation yang tak dapat dipisahkan.
Sementra PLH Bupati bandung Ir. Sopyan nataprawira membacakan sambutan Kementrian Kehutanan, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut serta mensukseskan program Go Green Base Bandung Selatan dan Ia juga secara resmi Mencanangkan Bulan menanam Nasional  1 Milyar pohon,yang dimulai dengan penyerahan bibit pohon perdamaian kesejumlah perwakilan tokoh pemerhati lingkungan dari mulai kalangan pelajar SD,SMP,SMA hingga tokoh masyarakat yang hadir saat itu.



Endang S Safa’at Madya  dari Paseban Paguyuban Bandung Kec. Pasirjambu yang diantaranya  stars ( Satria Tatar Soenda ),Sundawani, PPSI Gajah Putih dan BBC  ( Buah Batu Corps ) dan warga kec.Pasirjambu yang kesehariannya dikenal sebagai Dalang kesenian tradisional Wayang Golek  Galuh Pakuan, Ia sangat mendukung kegiatan tersebut karena menurutnya  penanaman pohon tersebut banyak sekali mampaatnya diantaranya wilayah tersebut dapat menjadi wilayah resapan air dan terbebas dari bahaya longsor akibat dari gundulnya hutan.dan Ia mengharapkan kepada Pemerintah kab. Bandung Khususnya kepada Bupati terpilih,  kegiatan penghijauan ini  diharapkan dapat terus dapat berkesinambungan,dan sebagai seniman kesenian tradisional yang ada di Kab. Bandung, Ia berharap kesenian yang ada di kab. Bandung mendapat perhatian yang significan dari pemerintah  karena tanpa kerja sama yang harmonis antara seniman dan pemerintah maka budaya tradisi kita secara bertahap bias punah seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern.BJ 008/007

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls