Kamis, 28 Oktober 2010

Tanaman AREN (Arengapinnata) SEBAGAI TANAMAN OBAT

Add caption
             Bagian dari tanaman aren yang digunakan sebagai bahan obat adalah akar dannira. Akar digunakan untuk mengatasi penyakit batu ginjal dan ruamkulit, sedangkantuak digunakan untuk mengatasi sariawan dan sembelit. Dalam mengatasi penyakit batu ginjal, akar aren digunakan bersama-sama dengan akar alang-alang, daun keji beling, herbame niran dan air. Penggunaannya dilakukan selama 14 hari atau sampai batu ginjal keluar yang dapat berupabatu, pasir atau butiran. Air aren difermentasikan menjadi cuka yang digunakan untuk bahan pengawet (mematikan mikroba) padaikan dan makanan lain selain juga member cita rasa pada makanan.

Nira dapat juga dibuat sebagai minuman segar, soft drink, gula semut, gula merah dan permen. Untuk pembuatan gula, pH nira dari 8 - 9diturunkanmenjadi netral (7). Untuk bahan baku gula, nira disadap di pagi hari selanjutnya nira disaring, dimasak dengan wadah terbuka, setelah mendidih diberikan sedikit TSP (Triple Super Phosfate) untuk menurunkan pH. Setelah pH netral, cairan disaring kembali, kemudian dipindahkan kewadah yang lebih besar. Cairan dimasak sampai kental, dengan api kecil dan sering diaduk. Bila mencapai kekentalan tertentu, dipindahkan kewadah plastic dan disimpan padakamar pendingin sampai mengkristal.  Gula Kristal dimasukkan kewadah sentrifuge untuk pemecahan menjadi butiransehingga terbentuk gula semut.

Pembuatan gula merah dilakukandengan proses yang sama, hanyapada tahap akhir pada saat cairan mengental, dituangkan ke dalam cetakan. Pembuatan permen dilakukan dengan pemanambahan sirup gula yang hampirmengkristal dengan menambah ekstrak (lemon, mocca, susu, strawberry, dan lain-lain) Sirup tersebut disimpan dalam periuk tanah selama tiga bulan sambil sewaktu-waktu diaduk. Bila Kristal telah terbentuk maka dikeluarkan  sedikit demi sedikit lalu dibentuk kemudian dikemas sesuai ukuran yang dikehendaki.
 Dalam 100 ml nira segar mengandung total padatan sekitar15,20 - 19,70 g, sukrosa12,30 - 17,40 g, abu0,11 - 0,41 g, protein 0,23 - 0, 32 dan asam ascorbik16 - 30 g.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls